MENU

Tidak takut gagal

Annisa Hasanah

July 21, 2016 Comments (0) Culture & Education, Indonesia & The EU

Annisa Hasanah adalah seorang Alumnus beasiswa Erasmus Mundus tahun 2013-2014 yang menempuh program studi S2 Kehutanan dan Ekologi.

 

“Jika saya memutuskan untuk menyerah ketika telah ditolak 10 kali oleh berbagai program beasiswa, maka saya tidak akan pernah dapat merasakan pengalaman berkuliah di Eropa. Oleh karena itu saya tidak takut gagal,” ujar Annisa Hasanah.

Dengan mengikuti Master Exchange Student selama 1 tahun di GeorgAugustUniversität Göttingen, Jerman melalui program Erasmus ExpertsAsia tahun 2013-2014, Annisa tidak hanya memperoleh ilmu tetapi juga kesempatan yang sangat berarti bagi dirinya saat ini.

Selama kuliah di Jerman, Annisa mencurahkan kegiatan belajar sambil jalan-jalan dan menulis di blog pribadinya. Alhasil, ceritanya kini menjadi sebuah buku berjudul “Student Traveler” yang telah diluncurkan pada bulan September 2015 dan mendapat respon yang cukup positif dari para pembaca. Hayo yang belum beli bukunya. Lumayan, bisa dapat inspirasi dan motivasi untuk tak gentar belajar ke luar negeri melalui program beasiswa!

Bukan hanya peluang mengembangkan hobi menulisnya saja yang diperoleh selama berkuliah di Jerman. Saat studi di Jerman dengan beasiswa Erasmus, Annisa memperoleh kesempatan menjadi seorang socioecopreneur yang menciptakan board game Ecofunopoly. Ecofunopoly adalah board game edukatif berbasis lingkungan yang sebagian materialnya merupakan bahan daur ulang yang dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga di Ciawi, Bogor.

Atas karyanya ini, Annisa mendapatkan penghargaan Kreativitaet im Studium dari universitasnya, sehingga Annisa berkesempatan memperluas proyeknya yakni dengan membuat studi perbandingan pendidikan lingkungan antara Jerman dan Indonesia berbasis permainan Ecofunopoly. Dari kegiatannya itu, ia berhasil menciptakan Ecofunopoly berbahasa Jerman.

Wah kurang apa lagi nih, Annisa sudah menulis buku inspiratif, seorang socioecopreneur yang ramah lingkungan dan memberdayakan masyarakat pula!

Ayo, segera raih kesempatan dengan mendaftar beasiswa Erasmus+ dari Uni Eropa.

Share this on:Share on Google+Share on FacebookShare on LinkedInTweet about this on TwitterShare on Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − two =